Uncategorized

5 Fakta Penting Tentang Angpao Imlek yang Perlu Diketahui

Angpao adalah amplop berisi uang yang biasanya dijadikan hadiah saat perayaan Imlek. Angpao merupakan hal yang sangat erat dengan budaya Cina. Saat perayaan Imlek atau tahun baru Cina, angpao atau hang bao akan banyak beredar. Ternyata kebiasaan saling memberikan angpao saat perayaan hari besar Cina memiliki makna khusus. Berikut 5 fakta penting tentang angpao Imlek yang perlu diketahui:

 

1. Angpao Memiliki Makna Keberuntungan

Angpao berasal dari bahasa Mandarin, Hong yang berarti merah, populer, atau bonus. Adapun Bao berarti membungkus atau menutupi. Selain sebagai hadiah, ternyata angpao memiliki makna yang mendalam yaitu keberuntungan.

Menurut kepercayaan Cina, angpau dapat memberikan keuntungan dan kemakmuran bagi penerima maupun pemberinya. Sejatinya, tradisi memberikan angpau ini tidak hanya ditujukan untuk mengejar keberuntungan, tetapi juga sebagai simbol cinta kasih antarsesama.

 

2. Ada Aturan dalam Memberikan Angpao

Dalam memberikan angpau, ternyata ada aturan tersendiri. Pertama. angpau diberikan dari orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda. Aturan ini tidak boleh dibalik, jadi tidak pernah ada angpau yang diberikan orang muda kepada orang yang lebih tua.

Kedua, karyawan atau pegawai biasanya mendapatkan angpau dari bos besar mereka. Ketiga, angpau diberikan dari orang yang telah menikah kepada orang yang belum menikah. Namun jika ada seseorang yang sudah cukup tua namun belum menikah, dia tetap diwajibkan memberikan angpau karena telah dianggap dewasa dan mampu. Angpau tidak hanya dapat mempererat hubungan persaudaraan dan pertemanan, namun juga sebagai bentuk tanggung jawab terhadap sesama.

Menurut tradisi lama, uang angpau tidak boleh dibelanjakan karena uang tersebut dianggap sebagai pemberian dari Dewa Uang (Dewa Cai Shen). Uang angpau sebaiknya disimpan di dalam saku celana atau dompet agar tidak mudah hilang.

 

3. Angpao Harus Diberikan secara Langsung

Angpao adalah bingkisan uang dalam amplop merah yang harus diberikan secara langsung kepada penerima. Meskipun penerima angpau adalah bayi, angpau harus diberikan langsung ke genggaman bayi. Hal ini dimaksudkan agar keberuntungan langsung sampai kepada penerima angpau maupun pemberi angpau.

Dalam memberikan angpau sebaiknya juga disisipi kata-kata yang berhubungan dengan kemakmuran, keberuntungan, kebahagiaan, kesehatan, dan harapan yang baik. Harapannya, kata-kata tersebut dapat menjadi doa di awal tahun yang membahagiakan.

 

4. Jumlah yang Diberikan Tidak Boleh Sembarangan

Angpao adalah pemberian bingkisan yang memiliki aturan khusus, termasuk soal nominalnya. Dalam memberikan angpau dilarang keras memberikan uang dalam jumlah yang mengandung angka 4 misal Rp40.000 atau Rp400.000, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan angka 4 dalam tradisi Tionghoa dianggap sebagai angka kematian, jadi angka 4 wajib dihindari.

Selain angka 4, dalam memberikan angpau juga harus dihindari angka ganjil. Angka ganjil dalam kebudayaan masyarakat etnis Tionghoa dianggap sebagai angka sial. Jadi, demi menghindari kesialan, angpau yang diberikan saat perayaan Imlek sebaiknya merupakan jumlah angka genap.

 

5. Angpao Selalu Berwarna Merah

Angpao selalu dibungkus dengan amplop berwarna merah. Mengapa? Ternyata warna merah memiliki makna khusus yaitu kegembiraan dan keberuntungan. Harapannya dengan menggunakan amplop berwarna merah, si pemberi dan penerima angpau dapat diaugerahi keberuntungan dan kegembiraan dalam hidupnya.

Selain amplop harus berwarna merah, biasanya amplop juga dihiasi motif yang tidak sembarangan. Motif amplop angpao biasanya disesuaikan dengan shio pada tahun tersebut, misalnya tikus logam maka gambar di amplop angpaonya adalah tikus logam.

 

Nah, ternyata ada banyak makna unik dibalik sebuah pemberian angpau ya? Meskipun angpao adalah tradisi masyarakat Tionghoa, namun bagi orang yang bukan merupakan keturunan Tionghoa tetap diperbolehkan memberikan angpau kepada kerabat atau pegawainya, bukan hanya saat Imlek, namun bisa juga pada acara atau perayaan lainnya. Angpau bukan semata-mata tentang budaya, namun juga bentuk kasih sayang terhadap sesama. 

 

Demikian ulasan tentang fakta unik angpao. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca solusiprinting.com. Dapatkan aneka informasi percetakan menarik di solusi printing..

Share this Story
Load More Related Articles
Load More By Jeffrey Ansen
Load More In Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Toko Online vs Offline, Mana yang Lebih Untung?

Pastinya Anda pernah menggunakan konsep penting dari sebuah ...