Otomotif

Bagaimana Memilih Ban Grader yang Tepat untuk Alat Berat Anda?

Ban merupakan komponen utama pada kendaraan. Fungsi ban—secara umum—untuk meneruskan pengereman dan tenaga dari mesin ke permukaan jalan. Nah, jika Anda membutuhkan ban kendaraan konstruksi atau alat berat yang tangguh di berbagai medan, sebaiknya gunakan ban grader.

 

Apa Itu Grader?

Sebelum mengetahui cara memilih ban grader, pahami dulu tentang grader. Anda bisa melihat grader di area pembangunan atau konstruksi. Bentuknya besar dengan pisau cukup panjang. Biasanya, grader digunakan untuk meratakan dan menghaluskan jalan saat akan dilapisi aspal.

Jadi, yang dimaksud grader, yakni alat berat dengan tiga as roda, pisau panjang, mesin, dan sebuah kabin. Letak kabin tepat berada di as roda ketiga pada ujung depan kendaraan. Sementara blade (pisau) berada di antara mesin dan kabin. Ukurannya sekitar 2,50 sampai 7,30 meter.

Selain membuat landasan, grader juga bisa membentuk permukaan miring di jalan. Semisal, merancang parit dengan bentuk huruf “V” di sisi jalan utama. Karena itu, kondisi ban grader harus bagus supaya maksimal dalam memberikan tenaga dorong.

 

Tips Memilih Ban Grader

Sebagai acuan, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan saat memilih ban grader. Simak ulasannya, yuk.

 

1. Selektif Memilih Penyedia Ban Grader

Pertama, Anda harus mendapatkan supplier atau penyedia ban grader yang tepercaya. Pasalnya, secara tidak langsung, penyedia ban memengaruhi kualitas kerja dan produk perusahaan. Minimal, Anda mempertimbangkan pemilihan supplier dengan empat faktor di bawah ini.

  • Kualitas supplier. Ini penting, sebab kualitas supplier menggambarkan mutu produk yang mereka tawarkan. Jika produknya buruk, tentu berdampak negatif pada hasil kerja Anda..
  • Kuantitas. Supplier tepercaya tidak hanya memberikan produk dengan mutu terbaik, tetapi juga menyediakan yang sesuai keinginan Anda. Pastikan mereka mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, Anda 24 ban grader, berarti pihak supplier harus memiliki stok lebih dari itu.
  • Ketepatan Waktu Pengantaran Barang. Anda tentu mempunyai deadline kerja yang ketat. Jika tidak didukung supplier tepercaya, pekerjaan tersebut bisa berantakan. Jadi, pastikan supplier bisa mengirim barang pesanan Anda tepat waktu. Dengan begitu, pekerjaan konstruksi lebih efisien dan lancar.

 

2. Cek Spesifikasi Ban

Ban grader memiliki berbagai ukuran dengan varian velg beragam. Itu sebabnya, saat memilih ban tersebut, Anda harus memperhatikan spesifikasi. Pertama, amati kapasitas, kecepatan maksimal, dan besar ban. Kemudian, pastikan operasi alat berat mencakup kondisi permukaan jalan, kelandaian, iklim, dan beban per ton per kilometer.

Jangan lupa, pertimbangkan heat and cut resistance, service ability, dan maneuverability. Terakhir, lihat tread pattern atau pola kembang ban, tipe, dan tekanan.

 

3. Uji Kualitas Ban

Kualitas ban bisa dinilai dari pola kembang yang ada di seluruh permukaannya. Khusus ban grader, pastikan memiliki bentuk pattern menyilang. Corak ini mempunyai arah lekukan berhadapan.

Keunggulan ban dengan pola menyilang, yakni mampu mendistribusikan udara dengan baik. Selain itu, ban bercorak silang dapat memecah air ketika berada di jalan aspal yang basah. Kemampuan mengeremnya pun tergolong baik.

Anda tak perlu khawatir tergelincir saat menjalankan grader. Pasalnya, ban di alat berat ini mampu mengurangi terjadinya slip di tanah lunak maupun berlumpur.

 

4. Bandingkan Harga

Ada harga, ada kualitas—demikian kata pepatah. Namun, untuk produk ban, tak perlu terpaku pada pepatah tersebut. Pasalnya, beberapa supplier menawarkan produk bagus dengan harga terjangkau. Sebaliknya, ada juga supplier yang membanderol barang mahal, tetapi kualitas tidak terjamin.

Solusinya, cobalah membuat daftar seluruh penyedia ban di kota Anda. Kemudian, bandingkan antara spesifikasi produk dan harga yang dipajang. Setelah itu, perhatikan perubahan dan perbedaan harga tiap supplier dari tahun ke tahun. Jika ada supplier yang memasang harga tidak wajar, segera eliminasi dari daftar Anda.

 

5. Perhatikan Cara Pemakaian Ban

Anda sudah memilih produk ban yang bagus dari supplier tepercaya? Kini, saatnya memperhatikan cara memakai ban. Meskipun sepele, pemakaian ban berpengaruh pada kinerja alat berat Anda. Semisal, Anda salah menempatkan ban atau tumpuannya tidak merata, ini bisa berdampak saat alat berat berjalan.

Jadi, pertama, Anda mesti memperhatikan tekanan udara ban. Pastikan, tekanan udara sudah mengikuti saran pabrik. Kedua, jika harus memuat barang, muatan wajib sesuai standar angkut alat. Muatan tersebut bisa memengaruhi kecepatan alat berat ketika dijalankan.

Kalau Anda tidak bisa menghindarkan muatan berlebihan, jalankan alat berat dengan kecepatan rendah. Mengapa? Tujuannya supaya kendaraan tetap melaju seimbang dan dapat menyelesaikan pekerjaan secara maksimal.

Selain tekanan udara dan muatan, kecepatan alat juga harus diperhatikan. Operator alat berat wajib menjaga stabilitasnya; pastikan tidak melewati batas kecepatan maksimal. Khusus grader, kecepatan maksimalnya adalah 40 kilometer per jam.

Tidak hanya menjaga stabilitas, seorang operator alat berat mesti mampu menjalankan kendaraan secara aman, ekonomis, dan efisien. Jika operator menemukan tanda-tanda kerusakan fungsi pada alat berat, ia wajib melaporkan pada perusahaan.

Pemakaian ban juga meliputi pemeliharaannya. Minimal, Anda membersihkan ban dan mengecek kondisi tread pattern secara berkala. Terakhir, sebelum ban melintasi medan konstruksi, periksa kondisi jalan. Pastikan tidak ada benda yang membahayakan alat berat ketika melewati area pembangunan.

Demikian ulasan seputar cara memilih ban grader. Kini, penyedia ban grader mudah ditemukan di berbagai kota. Bahkan, Anda bisa mendapatkannya secara online. Salah satunya melalui indoautozone.co.id.

Indoautozone.co.id merupakan solusi automotif terlengkap dan tepercaya. Di sini tersedia berbagai pilihan ban untuk alat berat grader. Soal pelayanan, Indo Autozone didukung teknisi andal, kompeten, dan profesional. Selain itu, Indo Autozone menyediakan sparepart grader sehingga Anda tak perlu mencari ke toko lain.

Share this Story
  • Ban Grader
    Otomotif

    Bagaimana Memilih Ban Grader yang Tepat untuk Alat Berat Anda?

    Ban merupakan komponen utama pada kendaraan. Fungsi ban—secara umum—untuk meneruskan pengereman dan tenaga dari mesin ke permukaan jalan. Nah, jika Anda ...
Load More Related Articles
Load More By Jeffrey Ansen
  • Ban Grader
    Otomotif

    Bagaimana Memilih Ban Grader yang Tepat untuk Alat Berat Anda?

    Ban merupakan komponen utama pada kendaraan. Fungsi ban—secara umum—untuk meneruskan pengereman dan tenaga dari mesin ke permukaan jalan. Nah, jika Anda ...
Load More In Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BODYCOMBAT 61 Track 5: Stairway to Heaven Lyric

Sometimes I recollect about the past and (…) ...