Guest Posting

Pesatnya Persaingan Digital Printing di Jakarta

Digital printing di Jakarta menjadi salah satu bisnis yang pertumbuhannya semakin pesat.  Kemunculan teknologi cetak digital ini telah membuat banyak pengusaha meninggalkan cetak offset. Apa sebenarnya yang membedakan keduanya dan kenapa digital printing adalah salah satu pilihan cetak terbaik yang ada saat ini?

Berbeda dengan teknologi cetak digital yang serba praktis, teknik offset adalah cara mencetak yang sudah lama dan masih umum digunakan hingga sekarang. Metode offset mengharuskan materi yang hendak dicetak dipindahkan terlebih dahulu dari plat ke lapisan karet. Karet inilah yang nantinya akan diberi tinta basah untuk mencetakkan desain atau materi ke bahan yang diinginkan.

Digital offset berusaha memangkas beragam proses yang panjang dari percetakan offset dan melakukan proses dengan lebih ringkas. Materi yang digunakan untuk percetakan digital printing biasanya berupa file komputer yang nantinya dapat langsung dicetak dengan beragam media.

Mengapa Menggunakan Metode Digital Printing?

Ada banyak alasan kenapa perusahaan-perusahaan percetakan mulai beralih ke metode baru ini antara lain:

  1. Efisiensi
    Jika sebelumnya Anda harus datang ke percetakan untuk mencetak materi yang diinginkan, metode cetak digital mampu mengeliminasi kerumitan tersebut. Cukup dengan mengirimkan materi berupa file melalui email ke percetakan yang dimaksud, Anda bisa mendapatkan produknya dalam beberapa hari. Waktu dan ongkos yang tadinya harus Anda kerahkan untuk pergi ke percetakan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain.
  1. Mampu Mencetak dengan Detail
    Metode digital printing mampu melakukan hal yang tidak bisa dilakukan oleh metode cetak lama yakni menghasilkan cetakan berwarna. Digital printing mampu mencetak apa saja, dengan warna apapun yang Anda inginkan. Kalaupun ada warna yang dirasa tidak cocok, Anda tinggal mengeditnya melalui aplikasi editing foto yang ada di komputer sebelum mencetaknya.
  1. Mampu Mencetak dalam Waktu yang Mendadak
    Digital printing memiliki konsep yang mirip dengan mesin printer yang biasa Anda gunakan untuk mencetak tulisan di atas kertas. Tidak perlu persiapan yang panjang untuk bisa mencetak materi. Jadi kalaupun ada klien yang ingin melakukan perubahan mendadak pada desain materinya atau justru meminta materi untuk selesai lebih cepat, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Ini merupakan kelebihan yang tidak dimiliki oleh percetakan konvensional.
  1. Lebih Ramah Lingkungan
    Mencetak dengan menggunakan metode digital printing dianggap lebih ramah lingkungan. Ini karena Anda tidak perlu mengeluarkan tinta dan kertas yang berlebihan saat melakukan pencetakan.

Jenis-jenis Digital Printing

Dalam digital printing ada beberapa kategori yang dibagi berdasarkan hasil cetakan yang dihasilkan. Jenis-jenis pengaplikasian cetak digital ini tentu saja akan terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Simak uraian berikut ini!

  1. Digital Press
    Jenis cetak digital press biasanya menggunakan media kertas untuk mencetak materi. Beberapa produk yang dihasilkan dari digital press atau docu printing ini antara lain buku, kartu nama, poster hingga katalog dan brosur. Salah satu keunggulan yang membuat banyak orang beralih ke cetak digital adalah kemampuannya untuk cetak on demand atau mencetak sesuai dengan keperluan. Artinya, pengusaha percetakan tidak perlu membatasi jumlah minimum pesanan karena sesedikit apapun tetap bisa diproses.
  1. Digital Printing untuk Keperluan Outdoor
    Jika dulu spanduk-spanduk hingga plang nama banyak dibuat dengan metode manual dengan media kain nylon, sekarang Anda bisa dengan mudah melakukannya lewat digital printing. Dengan menggunakan mesin cetak berukuran besar, membuat spanduk, baliho bahkan iklan berukuran besar dan panjang bukan lagi hal yang menyulitkan. Karena digital printing mampu mencetak warna apa saja yang diinginkan, produk akhir yang dihasilkan pun tampak lebih real dan menarik.
  1. Digital Printing untuk Membuat T-shirt, Kartu Pengenal dan Mug
    Jenis cetak saring adalah salah satu produk yang bisa dihasilkan dengan mesin cetak digital. Media yang digunakan pun sangat beragam. Mulai dari kain, gelas hingga bahan plastik atau karet. Anda hanya tinggal membuat desain dalam bentuk file digital yang nantinya akan ditransferkan ke atas media dengan menggunakan mesin cetak. Karena jumlah minimum tidak dibatasi, pelanggan bisa memesan produk sesuai kebutuhan. Jika Anda ingin membuat produk yang eksklusif dalam jumlah terbatas, metode cetak digital bisa menjadi jawaban.

Contoh Usaha yang Bisa Dilakukan dengan Mesin Cetak Digital

Usaha cetak digital adalah usaha yang dekat dengan masyarakat karena banyak sekali yang memerlukan jasa ini. Selain itu, modalnya yang tidak begitu besar membuat banyak orang memanfaatkan mesin cetak digital untuk membuka usaha. Beberapa peluang yang bisa Anda ambil untuk membuka percetakan digital antara lain:

  1. Percetakan Direct to Garment
    Percetakan Direct to Garment adalah usaha percetakan digital yang menggunakan media kain. Beberapa produk yang bisa Anda buat misalnya kaos distro, seragam olahraga sekolah dan lain sebagainya.
  1. Membuat Stiker
    Stiker juga merupakan salah satu produk yang bisa dibuat dengan metode cetak digital. Variasi produknya pun cukup beragam mulai dari stiker mobil, helm hingga stiker-stiker untuk keperluan iklan atau kampanye.
  1. Membuat Mug dan Pin
    Meskipun kedua barang ini tampak kecil, tapi pada musim-musim tertentu peminatnya cukup banyak. Pin misalnya, akan ramai dipesan ketika kampanye tiba. Sementara mug banyak digunakan untuk cenderamata.

Dengan beragam peluang yang tersedia dan modal yang tidak begitu besar, digital printing memang sedang menarik minat banyak orang. Tertarik untuk menjalankan bisnis digital printing sendiri?

Share this Story
  • Guest Posting

    Pesatnya Persaingan Digital Printing di Jakarta

    Digital printing di Jakarta menjadi salah satu bisnis yang pertumbuhannya semakin pesat.  Kemunculan teknologi cetak digital ini telah membuat banyak pengusaha ...
Load More Related Articles
Load More By Jeffrey Ansen
Load More In Guest Posting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ini Dia 10 Objek Keren yang Bisa Dibuat dengan 3D Printing

Jika diminta untuk memesan sesuatu pada jasa 3D ...

Follow @Japracool

  • Thredbo, are you in?
.
.
.
.
#thredbo #thredboresort #thredbovillage #thredbovillage #snowboarding #snowboarding🏂
  • Karawaci Warriors vs Puri Warriors
.
.
.
.
#bodycombat #karawaciwarriors #puriwarriors #lesmills #lesmillsbodycombat
  • Gotta Catch ‘Em All with @pogo.tsr .
.
.
.
#safarizone #safarizonesentosa #pokemon #pokemongo #tsr
  • My 1st shiny lapras and have played for 7 hours 🙃
.
.
.
.
#shinylapras #safarizone #safarizonesentosa #pokemongo
  • Karawaci Warriors with Toni Chen
.
.
.
.
#bodycombat #bodycombatspecialclass #lesmills #atrium #acehardware #livingworld
  • Forever Jumping BoA
.
.
.
.
#jumpingboa #boa #boakwon #boakwonfans #queenofkpop #indonesianjumpingboa
  • New Record 810 Active Calories 🔥
.
.
.
.
#bodycombat #bodycombatspecialclass #becausethenight #darkhorse #stairwaytoheaven #letthebeatgo #silence
  • Happy wedding Chrisna & Michelle! Missing @ferrylim09 .
.
.
.
#chrisnamichellewedding #wedding #weddingday #madesu #utsalumni #unifriends