Les Mills BODYCOMBAT: Semua yang Perlu Anda Ketahui

by Jeffrey Ansen
Les Mills BODYCOMBAT: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Membuat tubuh tetap aktif tentunya sangat baik untuk meningkatkan kebugaran. Les Mills BODYCOMBAT pun hadir sebagai salah satu alternatif olahraga yang menawarkan pembakaran kalori secara optimal. Selain itu, program latihan BODYCOMBAT terinspirasi gerakan bela diri yang membuat koreografinya terasa lebih energik dan menantang.

Jenis latihan kardio ini awalnya diprakarsai oleh Les Mills International, sebuah institut kebugaran yang berbasis di Auckland, Selandia Baru. Nah, bagi Anda yang ingin lebih mengenal apa itu BODYCOMBAT dan seberapa efektif latihan tersebut dalam meningkatkan pembakaran kalori tubuh, mari simak ulasan berikut!

BODYCOMBAT: Mengapa Itu Efektif?

Merupakan perpaduan beragam gerakan seni bela diri, koreografi BODYCOMBAT memang terkesan sangat energik, cepat, dan garang. Apalagi diiringi oleh musik yang penuh energi, latihan ini tentunya bakal sangat efektif dalam meningkatkan kebugaran fisik Anda.

Pada dasarnya, program kebugaran ini mengambil konsep dari Cardio Peak Training, yang melibatkan pengaturan irama jantung saat melakukan latihan aerobik basic (antara 60 sampai 80 persen dari detak jantung maksimum seseorang), yang juga diselingi gerakan intensitas tinggi (memacu ritme jantung hingga mencapai 85-90 persen dari total maksimumnya).

Singkatnya, BODYCOMBAT merupakan perpaduan antara gerakan mantap yang konstan, yang juga diselingi latihan intensitas tinggi untuk membangun cardio endurance serta memaksimalkan pembakaran lemak.

Berapa Kalori yang Terbakar Saat Melakukan Latihan Ini?

Siapa pun yang tertarik mencoba Les Mills BODYCOMBAT pastinya penasaran tentang jumlah kalori yang terbakar setelah melakukan program latihan ini. Melansir situs resmi Les Mills, BODYCOMBAT dapat membakar sekitar 740 kalori untuk durasi latihan selama 55 menit.

Selain itu, latihan ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengencangkan serta membentuk lengan, punggung, dan bahu, melatih kekuatan kaki, dan juga memperkuat otot-otot tubuh.

Gerakan Apa Saja yang Kita Lakukan dalam BODYCOMBAT?

Program latihan ini menggabungkan koreografi dari beberapa seni bela diri terkenal, seperti taekwondo, tinju, muay thai, capoeira, kungfu, dan karate. Tidak perlu cemas! Bagi Anda yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan apalagi pengalaman dalam seni bela diri, program ini tetap bisa diikuti oleh para pemula.

Jadi, selama melakukan pemanasan, instruktur akan memandu Anda untuk mencoba berbagai gerakan. Dalam praktiknya, tentu saja akan ada banyak gerakan seperti uppercut hingga tendangan tinggi. Oleh karena itu, sebelum memulai BODYCOMBAT, Anda biasanya akan diminta terlebih dahulu melakukan pemanasan intensif seperti push-up, squat, dan lunges.

Benarkah Latihan Ini Bisa Memberikan Hasil yang Maksimal?

Disebut-sebut sebagai calorie killer, BODYCOMBAT tergolong full-body workout yang memiliki manfaat dalam membangun kekuatan tubuh bagian atas dan bawah. Pun, jenis program kebugaran ini terbukti dapat memberikan pelatihan inti otot yang lebih efisien.

Bahkan menurut penelitian, core training yang dilakukan selama BODYCOMBAT setara dengan apa yang Anda dapatkan saat melakukan 1.700 crunches, sejenis latihan pengencangan otot perut. Artinya, program fitness besutan Les Mills tersebut sangat efektif dalam membentuk tubuh dan juga membakar kalori.

Harus Seberapa Fit Kita untuk Bisa Menjajal Latihan Ini?

Tingkat kesulitan dalam gerakan BODYCOMBAT akan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu. Untuk itu, para instruktur tentunya akan membimbing Anda saat mencoba semua gerakan. Nah, bagi Anda yang baru menjajal program fitness ini, sebaiknya hanya lakukan tiga atau empat trek pada latihan pertama.

Di samping itu, Anda mungkin harus melalui beberapa sesi terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan feel-nya. Namun tenang, setelahnya Anda pasti akan sangat ketagihan untuk melakukan latihan BODYCOMBAT.

Sebaiknya Seberapa Sering Kita Melakukan Latihan BODYCOMBAT?

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal, sebaiknya lakukan latihan ini dua sampai tiga kali dalam seminggu. Tambahkan pula beberapa latihan beban, core training, dan fleksibilitas. Dengan demikian, Anda dapat membentuk dan juga mengencangkan tubuh dalam durasi waktu yang lebih singkat.

Apa yang Kita Butuhkan untuk Memulai Latihan BODYCOMBAT?

Anda tidak membutuhkan peralatan fitness khusus untuk melakukan latihan ini. Hanya saja, sebaiknya kenakan sepatu dan pakaian olahraga yang nyaman, yang mampu mendukung Anda ketika melakukan gerakan-gerakan yang energik.

Sebaiknya, hindari juga memakai celana pendek yang terlalu ketat karena justru dapat menghambat gerak Anda. Kemudian, jangan lupa siapkan air minum dan handuk bersih untuk mengelap keringat. Hal itu karena program kebugaran ini tentunya akan benar-benar menguras energi Anda.

Bolehkah Latihan Ini Dilakukan Saat Hamil?

Wanita hamil sangat tidak disarankan untuk mencoba latihan ini. Saat hamil, tubuh wanita akan melepaskan hormon seperti relaksin dan estrogen yang dapat memicu ketidakstabilan pada persendian. Akibatnya, gerakan BODYCOMBAT yang sangat energik dan mengaplikasikan koreografi seni bela diri—yang didominasi tendangan tinggi—dapat memicu efek buruk pada panggul dan pinggul wanita hamil.

Di Mana Kita Bisa Mencoba Latihan BODYCOMBAT?

Semakin tertarik untuk menjajal program fitness yang penuh energi dan menantang ini? Apabila ingin bergabung di kelas BODYCOMBAT, kunjungi situs resmi Les Mills untuk menemukan pusat kebugaran terdekat yang menawarkan program latihan itu di sekitar lokasi Anda.

Gunakan fitur find a class yang tersedia di situs tersebut untuk menemukan kelas latihan terdekat dengan lokasi Anda saat ini. Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa menjajal program LES MILLS On Demand yang ada di situs resmi institut kebugaran tersebut dan mencobanya sendiri di rumah. Dengan memanfaatkan fitur LES MILLS On Demand, Anda dapat mengakses lebih dari 100 video latihan BODYCOMBAT secara online.

Manfaat Latihan Kardio untuk Tubuh

Membahas soal program fitness BODYCOMBAT besutan Les Mills, rasanya kurang lengkap jika tidak mengulik tentang apa saja manfaat dari latihan kardio itu sendiri. Nah, berikut adalah beberapa poin yang telah kami rangkum dari situs Mayo Clinic.

  • Selain membakar kalori, latihan kardio dapat membantu mengontrol nafsu makan.
  • Latihan tersebut juga membuat suasana hati menjadi lebih baik karena membantu melepaskan hormon endorfin yang bertugas dalam memunculkan perasaan nyaman di otak.
  • Bagi yang memiliki masalah gangguan tidur seperti insomnia, latihan fisik ini cukup efektif dalam membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.
  • Latihan kardio juga terbukti efektif dalam mengurangi kekakuan dan nyeri artritis.
  • Rutin melakukan latihan kardio bisa membantu menstabilkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung dan juga diabetes.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang diberikan oleh latihan kardio, membuat fisik tetap aktif tentunya bisa menjadi cara paling efektif untuk menangkal berbagai penyakit serius, terutama yang berhubungan dengan kardiovaskular. Apalagi jika Anda mengombinasikannya dengan gerakan-gerakan seni bela diri yang energik dan penuh tantangan, latihan tersebut tentunya akan mendatangkan lebih banyak manfaat.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba Les Mills BODYCOMBAT sebagai salah satu alternatif program kebugaran yang efektif dalam membakar kalori dan membentuk tubuh. Nah, jika tidak ingin berlatih sendirian, tak ada salahnya untuk mendatangi kelas BODYCOMBAT terdekat di kota Anda.