Ingin Blog Anda Dibaca Banyak Orang? Gunakan Cara Ini!

by Jeffrey Ansen

Blogging untuk mendapatkan banyak visitor atau pembaca memang tidak selalu mudah. Selain menulis konten yang tidak mudah, tidak ada yang bisa menjamin postingan blog Anda akan dibaca orang. Bayangkan saja ketika Anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk menulis dan memposting, tetapi ternyata tidak ada orang yang membaca, membagikan, apalagi menautkannya ke situs mereka. Ini tentu sangat menyedihkan.

Namun, bukan berarti tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk membuat blog posts Anda populer. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Karakteristik Postingan Blog yang Populer

Menurut Neil Patel, ada beberapa persamaan karakteristik yang dimiliki oleh blog posts  atau postingan blog yang populer. Dengan meniru rumus yang mereka gunakan, kesempatan postingan Anda untuk dibaca banyak orang akan smakin besar. Apa saja?

Postingan Blog yang Populer Mengandung Setidaknya 38 Kata Kunci/Keyword

Kepercayaan umum yang diyakini oleh banyak blogger adalah bahwa postingan blog yang populer mengandung setidaknya 38 kata kunci. Uniknya, postingan yang berhasil mengumpulkan jumlah kunjungan setidaknya 5.000 dalam sebulan dalam peringkat Google ternyata memiliki lebih dari 51 kata kunci.

Namun, perbedaan besar antara postingan yang menghasilkan 1.000 kunjungan dengan yang memiliki 5.000 kunjungan ternyata bukan dari jumlah kata kunci yang mereka targetkan. Lebih dari itu, mereka juga memberikan peringkat untuk kata kunci dengan memilih kata kunci yang rata-rata ditelusuri sebanyak 984 kali dalam sebulan.

Blog-blog ini memang tidak mendapatkan 984 jumlah klik untuk semua kata kunci yang mereka ranking. Pasalnya, memang tidak ada situs yang bisa benar-benar mendapatkan semua klik yang mereka inginkan dan tidak ada yang menjamin bahwa mereka akan naik ke peringkat pertama dalam pencarian.

Selanjutnya tim Neil Patel melakukan penelusuran data lebih lanjut dengan cara memilih 300 postingan blog secara acak yang memiliki setidaknya 1.000 kunjungan dalam sebulan dari Google untuk melihat berapa banyak kata kunci yang mereka sebutkan di halaman mereka. Syaratnya: kata kunci harus mendapatkan setidaknya 50 pencarian dalam sebulan. Ternyata jumlah kata kunci yang ditemukan adalah 76 kata kunci.

Lalu, apakah itu artinya Anda harus memasukkan 76 kata kunci ke dalam setiap postingan agar banyak orang yang membacanya? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Anda tidak bisa memasukkan terlalu banyak kata kunci dalam postingan blog hanya untuk meningkatkan traffic SEO Anda. Kata kunci harus masuk secara alami ke dalam isi tulisan.
  2. Ada banyak postingan blog yang mendapatkan banyak kunjungan tanpa harus menargetkan puluhan kata kunci di dalamnya.
  3. Anda tidak bisa menulis postingan blog hanya untuk mendapatkan traffic Google. Kalau isi konten tidak memberikan nilai kepada pengguna, ini bisa merusak peringkat situs Anda dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, Anda bisa kena pembaruan algoritma Google dan situs Anda akan dianggap memiliki konten dengan kualitas rendah.

Rata-rata Postingan Blog yang Populer Mengandung 1.839 Kata

Selama bertahun-tahun, aturan SEO sebenarnya terus berubah. Secara umum, makin panjang tulisan yang Anda buat, makin besar traffic yang bisa Anda peroleh. Namun, tetap ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian.

Saat ini, Google tidak terlalu mementingkan jumlah kata seperti sebelumnya karena menurut mereka, user experience adalah yang terpenting. Seperti halnya pembaca, mereka tidak peduli dengan seberapa panjang sebuah postingan. Asalkan mereka puas dengan yang mereka baca, maka itu sudah cukup. Jadi sebenarnya, berapa panjang rata-rata tulisan dalam postingan blog populer?

Menariknya, postingan yang menghasilkan rata-rata lebih dari 5.000 pengunjung setiap bulan ternyata memiliki jumlah kata yang tidak jauh berbeda dengan postingan yang mendapatkan kunjungan rata-rata 1.000 per bulan

Perbedaan terbesar di antara keduanya adalah mereka memasukkan kata kunci yang lebih populer dalam konten mereka. Mereka juga tidak selalu memberi peringkat untuk masing-masing kata kunci, tetapi cara ini cukup efektif untuk meningkatkan peluang konten mereka untuk ditemukan dan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Namun sekali lagi, selalu ada pengecualian untuk aturan tersebut. Misalnya beberapa topik populer seperti “cara mengikat dasi” ternyata tidak memerlukan banyak kata di dalamnya. Orang yang mencari kata kunci ini akan lebih membutuhkan gambar atau video untuk membantu mereka memahami langkah-langkah mengikat dasi.

Postingan Blog yang Populer Adalah Sesuatu yang Fresh

Banyak di antara blog populer ternyata tidak memasukkan tanggal publikasi konten mereka atau tanggal pembaruannya. Namun, untuk postingan yang menyertakan tanggal, ternyata ada fakta menarik di belakangnya.

Konten yang berhasil mengumpulkan kunjungan lebih dari 1.000 dalam satu bulan umumnya sudah berusia rata-rata 388 hari. Sementara konten yang mengumpulkan pengunjung kurang dari 1.000 umumnya memiliki rata-rata usia posting 539 hari.

Namun, bukan berarti Google tidak memberi peringkat pada konten yang baru dan fresh karena di kedua kategori tersebut juga ada konten baru yang menghasilkan traffic tinggi.  Meskipun begitu, banyak juga postingan blog berperingkat tinggi yang usia pembuatannya sudah cukup lama.

Sekali lagi, tidak ada aturan yang benar-benar baku untuk itu dan selalu ada pengecualian. Mari kita lihat kembali contoh konten “cara mengikat dasi”. Meskipun artikel itu sudah Anda tulis 5 tahun yang lalu, sampai saat ini masih relevan karena tidak ada yang berubah dengan cara orang mengikat dasi.

Namun, dengan lebih dari 1 miliar blog yang ada di internet, Google sepertinya lebih memilih konten yang masih baru ketimbang yang sudah lama. Kalau blog Anda memiliki konten yang termasuk ‘tua’, jangan khawatir. Anda tetap bisa melakukan pembaruan untuk memastikan konten tersebut terus mendapatkan banyak traffic.

Apa Lagi yang Harus Dilakukan untuk Mendatangkan Traffic Lebih Besar ke Blog Anda?

Suka atau tidak, melakukan riset kata kunci adalah hal yang penting dan harus dilakukan sebelum Anda menulis sebuah konten. Memilih kata kunci yang tepat akan memberikan peluang lebih besar bagi postingan blog Anda untuk mendapatkan ribuan kunjungan setiap bulannya.

Selain dengan menggunakan kata kunci yang tepat, membuat postingan blog Anda masuk ke halaman populer tentu saja harus disertai dengan berbagai langkah lain. Misalnya saja dengan menulis topik yang Anda sukai dan pahami. Penulis yang membuat konten sesuai dengan passion umumnya akan lebih terlibat dengan pengunjung dibanding mereka yang tidak.

Selain itu, menulis konten dengan headline yang menarik juga penting untuk membuat orang penasaran membacanya. Kalau ada topik yang ingin dibahas namun Anda tidak punya ilmu yang mumpuni, tidak ada salahnya mengundang ahli untuk menuliskan guest post.

Dengan memadukan berbagai trik dan tips blogging, Anda bisa membuat konten Anda melesat dalam peringkat sekaligus memperoleh banyak traffic setiap bulannya. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment