Percetakan

Jenis-jenis Kertas dan Fungsinya dalam Dunia Percetakan

Berikut jenis jenis kertas dan fungsinya dalam dunia percetakan yang perlu Anda ketahui. Menemukan percetakan murah di zaman serba gampang seperti sekarang bukanlah hal sulit. Kendati harga yang ditawarkan relatif terjangkau, tidak sedikit dari percetakan tersebut yang memberikan layanan dan fasilitas memadai. Sebagai pelanggan, Anda pastinya senang karena tidak perlu mengeluarkan bujet tinggi untuk mencetak kebutuhan pribadi maupun kelompok. Di sisi lain, Anda juga harus mengetahui hal-hal seputar dunia percetakan untuk memuluskan transaksi.

Salah satu keperluan cetak yang paling sering digunakan adalah kertas. Kertas pun tidak diukur dari tebal-tipisnya saja. Pasalnya, kerta terdiri dari berbagai macam jenis, di antaranya:

 

HVS

Apa Anda tahu kepanjangan dari HVS? Ternyata HVS merupakan akronim dari Houtvrij Schrijpapier yang berasal dari bahasa Belanda. Kertas ini umumnya dipakai untuk mencetak dokumen dan fotokopi; terdiri dari macam-macam ukuran, yaitu A4-A0. Ada juga HVS berukuran Q4 dan F4.

 

HPL

Selain yang berwarna putih, HVS juga punya ragam warna lain seperti kuning, merah muda, hijau, dan biru. Tipe HVS ini mempunyai nama HPL dan hanya tersedia dalam ukuran F4. Kertas yang lebih tipis dibandingkan HVS ini sering kali dimanfaatkan sebagai pembatas hingga brosur hitam-putih.

 

Art Paper (AP)

Sesuai namanya, art paper atau AP dimanfaatkan untuk kebutuhan estetika. Kertas berwarna putih yang tipis dan lentur ini tampak mengilap saat tertimpa cahaya. AP biasanya dipakai untuk mencetak leaflet, isi majalah, kalender, annual report, hingga pelapis hardcover.

 

Matte Paper (MP)

Sebenarnya Matte Paper atau MP mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan AP. Hanya saja, jenis jenis kertas ini tidak akan mengilap saat berada di bawah cahaya. Anda yang ingin membuat pin dapat memanfaatkan matte paper sebagai bahan utama.

 

Art Carton (AC)

Ingin mendapatkan kualitas cetak yang tinggi? Anda bisa memilih art carton yang lebih tebal daripada AP dan MP. Art carton kerap kali digunakan pihak percetakan untuk kebutuhan kalender meja, poster, foto, sampul majalah (soft coveri), kartu nama, hingga undangan.

 

Concorode

Sebagian besar jasa printing Jakarta akan memakai concorade saat hendak mencetak kop surat atau sertifikat. Tidak seperti jenis jenis kertas sebelumnya, concorade mempunyai teksur berhelombang yang akan memberikan kesan profesional nan berkelas pada hasil cetakan.

 

Blues White dan Coronado

Masih soal kertas bertekstur, ada blues white dan coronade yang bisa jadi pilihan Anda. Blues white merupakan kertas putuh bergramatul tebal dan bertekstur kasar. Sementara coronado memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan blues white. Keduanya kerap digunakan untuk kartu nama dan sertifikat.

 

Samson

Pernah melihat kertas cokelat? Jenis kertas ini bernama samson dan merupakan kertas yang dibuat dari proses daur ulang. Samson umumnya dimanfaatkan untuk mencetak paper bag dan pembungkus untuk packaging. Selain itu, samson juga punya nama lain, yakni craft linear.

 

Linen

Namanya mengingatkan Anda pada kain, bukan? Namun, linen dalam dunia percetakan merupakan tipe kertas yang memiliki lebih dari sepuluh pilihan warna. Teksturnya yang relatif tebal membuar linen sering kali dipakai untuk sampul buku.

 

Omega / Asturo

Tipe kertas yang satu ini sarat akan warna dengan ukuran double A3. Omega atau asturo dipakai untuk kepentingkan pembuatan sampul, terutama untuk buku-buku hard cover yang memakali poly yaitu jenis lapisan yang menghasilkan warna mengilat seperti perak atau emas.

 

Brief Card (BC)

Kertas berwarna putih ini kerap dipakai dalam buku menggambar yang mungkin pernah Anda temukan di bangku SD dulu. Dalam dunia percetakan, brief card juga digunakan untuk membuat buku dengan hard cover dan berfungsi sebagai penyambung antara sampul dengan isi.

 

Hybrid Super Standar (HSSD)

Jenis kertas yang satu ini menjadi pilihan percetakan saat hendak mencetak novel. Warnanya memang cokelat buram, tetapi hal tersebut dimaksudkan untuk menyerap cahaya agar Anda tidak silau saat membaca. Bobotnya juga lebih ringan dibandingkan HVS.

 

Demikian informasi percetakan seputar jenis jenis kertas yang digunakan untuk percetakan. Semoga membantu Anda dalam memilih kertas yang cocok untuk mencetak dokumen atau kebutuhan lainnya.

Share this Story
  • Percetakan

    Jenis-jenis Kertas dan Fungsinya dalam Dunia Percetakan

    Berikut jenis jenis kertas dan fungsinya dalam dunia percetakan yang perlu Anda ketahui. Menemukan percetakan murah di zaman serba gampang seperti ...
Load More Related Articles
Load More By Jeffrey Ansen
Load More In Percetakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Toko Online vs Offline, Mana yang Lebih Untung?

Pastinya Anda pernah menggunakan konsep penting dari sebuah ...