Manfaatkan Plugin WordPress Terbaik Ini untuk Tingkatkan Kinerja Situs Anda

by Jeffrey Ansen

Meski awalnya dibuat hanya sebagai sistem untuk menerbitkan blog saja, seiring berjalannya waktu WordPress telah berkembang menjadi CMS atau Content Management System yang sangat populer di dunia. Saat ini, WordPress digunakan oleh 41,4% dari 10 juta situs teratas di seluruh dunia. Salah satu cara untuk mengoptimalkan situs Anda adalah dengan menggunakan plugin WordPress terbaik.

Meski sudah sering muncul, tidak semua pengguna WordPress tahu apa itu plugin. Secara singkat, plugin merupakan ekstensi yang dipasangkan ke situs Anda dengan tujuan untuk memodifikasi dan mengembangkan WordPress melebihi fungsi utamanya. Dengan menggunakan plugin, Anda bisa mengedit kode asli WordPress tanpa perlu melakukan kustomisasi kode dari awal.

Dengan memasang plugin, berarti Anda menyertakan sebuah plug tambahan ke sumber aslinya. Kalau Anda sudah tidak ingin menggunakannya lagu, tinggal unplug saja dengan cara menonaktifkannya.

Sebagai tool atau perangkat sederhana, plugin pada WordPress memungkinkan pemilik situs mengubah website mereka menjadi bentuk berbeda mulai dari majalan online, kursus online, hingga toko online sesuai dengan kebutuhan.

Apa Saja Plugin WordPress yang Bisa Mengoptimalkan Performa Situs Anda?

Saat ini adalah lebih dari 55.00 plugin WordPress yang bisa Anda gunakan. Meningkatkan kecepatan akses, menaikkan traffic, hingga memperbaiki keamanan situs semua bisa dilakukan dengan memasang plugin yang tepat.

Namun, memasang plugin juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Terlalu banyak plugin akan membuat masalah dan memperlambat kecepatan akses situs Anda. Kalau sudah begini, performa situs Anda malah bisa menurun. Lantas, apa saja plugin WordPress terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki kinerja situs Anda? Berikut beberapa opsinya!

1. WP Rocket, Terbaik untuk Optimalisasi Kecepatan

Penggunaan WordPress bisa memberikan banyak tekanan pada server yang meningkatkan peluang crash. Untuk menghindari situasi yang kurang menguntungkan ini, Anda harus meningkatkan kecepatan akses. Salah satu caranya adalah dengan memasang plugin caching seperti WP Rocket.

WP Rocket merupakan sebuah plugin sederhana dan efektif yang dirancang untuk meningkatkan kinerja situs Anda. Plugin ini dapat secara otomatis membangun cache ke situs Anda dan meningkatkan kinerja secara langsung. Anda juga bisa mengaktifkan fitur lain seperti DNS prefetching, CDN support, pemuatan gambar lambat, dan minifikasi untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman sekaligus mengurangi bouncing rate.

2. Yoast SEO Review, Terbaik untuk Meningkatkan Traffic Organik

Banyak pengguna WordPress yang percaya bahwa penggunaan Yoast SEO bisa membantu optimalisasi situs mereka. Ini memang benar. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih kata kunci dan selanjutnya Yoast yang akan mengoptimalkannya.

Tidak hanya membantu meningkatkan kinerja SEO, Yoast juga akan menganalisis content readability atau keterbacaan konten Anda. Anda akan memperoleh page analysis secara real-time untuk mengoptimalkan konten, gambar, deskripsi meta, judul, dan kata kunci yang Anda gunakan. Dengan berbagai kelebihan ini, tidak heran jika Yoast SEO menjadi plugin populer untuk SEO dalam repositori plugin WordPress.

3. Akismet Review, Terbaik untuk Melindungi Situs dari Spam

Komentar spam di situs memang sangat mengganggu. Dengan menggunakan Akismet Review, Anda bisa menyingkirkannya dengan cepat, efektif dan mudah. Dikembangkan oleh Automattic, perusahaan induk WordPress, Akismet akan menjadi alat yang ampuh untuk menghilangkan spam.

Dalam penggunaannya, Akismet mungkin akan melewatkan beberapa komentar yang sebenarnya mengandung spam. Anda hanya perlu memberitahukan pada sistem dan plugin akan mengenalinya dengan lebih baik dari waktu ke waktu. Plugin juga bisa memeriksa pengiriman formulir kontak Anda terhadap basis data spam global untuk menyingkirkan informasi yang palsu dan tidak penting.

4. Wordfence Security Review, Terbaik untuk Mengatasi Masalah Keamanan Situs

Wordfence Security adalah plugin firewall yang akan memindai keamanan WordPress Anda. Plugin ini menawarkan perlindungan penuh pada situs Anda dari peretas, malware, spam, dan ancaman online lainnya.

Wordfence bekerja dengan cara mencari malware dan membandingkan kode, tema, dan file plugin dengan catatan yang ada di repositori WordPress. Ini memungkinkannya untuk memverifikasi integritasnya dan melaporkan setiap perubahan yang terjadi pada Anda.

Plugin ini dilengkapi dengan firewall aplikasi web yang disebut Threat Defense Feed yang akan membantu dalam proses identifikasi ancaman keamanan dan memblokir traffic yang berbahaya. Wordfence juga akan mencegah serangan brute force dengan memastikan Anda menetapkan kata sandi yang lebih kuat dan membatasi upaya login.

5. UpdraftPlus Review, Terbaik untuk Backup Situs

Banyak pemilik situs yang gagal mempertimbangkan tentang betapa pentingnya memasang plugin backup dan jangan sampai Anda menjadi salah satunya. Ribuan situs diretas setiap hari dan WordPress adalah target yang sangat umum bagi para hackers karena sangat populer dan banyak digunakan oleh kalangan non-teknis. Plugin backup bisa menjadi solusi yang andal untuk mencegah peristiwa semacam ini.

Ada banyak plugin backup yang bisa Anda temukan untuk WordPress. Namun, UpdraftPlus sangat direkomendasikan karena kuat dan mudah digunakan. Plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat pengaturan penyimpanan cadangan di storage yang Anda inginkan termasuk Google Drive, email, Dropbox dan FTP.

Memulihkan situs web Anda dari backup-nya juga sangat mudah dan bisa dilakukan langsung dari dasbor. Fitur lain yang tersedia termasuk pelaporan lanjutan, enkripsi database, tambahan tempat penyimpanan seperti OneDrive, SFTP, Azure, serta penjadwalan backup.

6. MonsterInsight Review, Terbaik untuk Tracking Data

Data tracking sangat penting untuk menskalakan dan meningkatkan performa situs Anda. Tanpa fakta, yang Anda miliki hanya asumsi. MonsterInsights memungkinkan Anda menambah, menyesuaikan, dan mengelola data tracking yang berhubungan dengan Google Analytics dan semuanya bisa dilakukan dalam dasbor WordPress Anda.

Google Analytics membantu Anda meningkatkan situs, konten dan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan memberi Anda informasi dan data yang penting tentang kinerja setiap halaman situs Anda. Dengan begitu Anda bisa mengetahui halaman situs mana dan kampanye online yang mana yang menghasilkan traffic dan konversi paling banyak.

MonsterInsights sebenarnya adalah versi baru dari Google Analytics untuk WordPress. Meski namanya berubah, namun fungsinya tetap sama. Anda dapat menggunakannya untuk melihat sesi aktif, konversi dan statistik bouncing rate serta melacak tautan, dan unduhan keluar dan internal. Detail lain seperti pendapatan total, produk teratas dan sumber rujukan juga akan disertakan.

Dengan semua informasi yang tersedia, Anda bisa membuat strategi berbasis data untuk mengembangkan bisnis Anda. MonsterInsights, tersedia dalam versi gratis yang memungkinkan Anda menginstal Google Analytics, melacak data, melihat metric di dasbor dan menjalankan laporan.

Itulah beberapa plugin WordPress terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kinerja situs. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment