Percetakan

Beragam Jenis Bahan Stiker Dan Karakteristiknya

Dalam percetakan tersedia beragam jenis bahan stiker dan masing-masing memiliki karakteristik berbeda yang dapat dipilih sesuai dengan pengaplikasiannya. Bagi para pebisnis, jenis stiker yang dipilih pun mempengaruhi merek.Misalnya bagi pengusaha yang memasarkan produk makanan yang perlu disimpan dalam lemari pendingin, maka perlu membuat label dengan stiker yang tahan air.

Jadi berikut ini adalah penjabaran stiker beserta perbedaan dan manfaatnya yang dapat Anda jadikan referensi untuk memilihnya.  

 

1. Stiker Vinyl

Vinyl memiliki perekat yang kuat yang memungkinkan untuk tahan lama. Stiker ini mudah untuk diaplikasikan pada permukaan yang rata maupun melengkung, bahkan ketika dilepas tidak meninggalkan bekas perekat yang membandel. Bahan ini pun lebih tahan air dan di luar ruangan bila dibandingkan dengan Stiker Cromo. Stiker vinyl sangat serba guna dan populer, dapat digunakan untuk lebel kemasan, stiker kaca, stiker dinding, dan sebagainya. Ada 2 Jenis Stiker vinyl, sebagai berikut.

 

1. 1 Vinyl Matt (Doff)

Vinyl matt, atau disebut juga sebagai vinyl doff merupakan jenis stiker vinyl yang permukaannya terlihat redup. Vinyl matt menawarkan daya tarik alami yang lebih halus, jadi perbedaannya adalah estetika.

 

1.2 Vinyl Glossy

Vinyl glossy merupakan jenis stiker vinyl yang permukaannya terlihat mengkilap. Vinyl ini banyak digunakan, terutama pada label-label supaya terlihat mencolok.

Dalam penggunaan Vinyl, jika ingin lebih tahan air dan tahan lama lagi, dapat menambahkan bahan laminasi tambahan pada permukaannya.

 

2. Stiker Cromo

Kita dapat menemukan banyak Stiker Cromo ini pada produk yang kita gunakan setiap hari. Contohnya adalah banyak pengusaha yang menggunakannya untuk ditempatkan pada wadah makanan sekali pakai. Karena cromo merupakan jenis stiker paling sederhana dan paling murah.

Stiker ini lebih ke kertas, berbeda dengan Vinyl yang lebih ke plastik. Sehingga penggunaan Cromo tidak tahan air. Meskipun dilapisi dengan laminasi pada permukaannya, perekat pada Cromo tetap masih tidak tahan terhadap cairan. Jenis stiker ini cocok untuk di toples dan botol, maupun barang-barang yang tidak terkena air. Stiker ini pun tidak cocok untuk luar ruangan, karena akan pudar dan luntur ketika terkena cuaca buruk.

 

3. Stiker One Way Vision

Stiker one way vision dikenal dengan lubang-lubang mikro, sangat populer pada jendela-jendela toko retail dan belakang mobil. Karena stiker ini bisa menyaring cahaya masuk, sehingga tidak bisa melihat keadaan dalam dari luar, namun dari dalam dapat melihat keadaan di luar. Tetapi diperlukan pemasangan profesional untuk stiker ukuran besar.

Dengan karakteristiknya yang menarik, stiker ini sering diaplikasikan pada jendela belakang mobil, jendela bus, kaca toko, supaya menciptakan privasi.

 

4. Stiker Transparan

Stiker transparan merupakan stiker khusus dengan latar belakang bening. Jenis bahan stiker ini cocok untuk menyorot produk ke dalamnya dengan cara yang unik. Dan juga merupakan ide bagus untuk bisnis yang menginginkan ruangannya terlihat dari kaca atau jendela.

Bila untuk sebuah ruangan kaca, stiker transparan ini bisa dipasang dari dalam maupun luar. Sehingga dapat dicetak normal maupun mirror, untuk menentukan keterbacaan desain dari luar atau dalam. Pada umumnya stiker transparan mudah dilepas tanpa meninggalkan bekas perekat, yang berarti Anda dapat menempelkannya di mana saja dan kapan saja.

 

5. Stiker Oracal

Oracal merupakan jenis stiker dengan permukaannya yang memiliki beragam warna. Pada umumnya lebih sering digunakan untuk keperluan Cutting Stiker, bukan untuk keperluan cetak dengan tinta. Jenis stiker ini dapat diaplikasikan untuk wrapping kendaraan, pembuatan huruf papan nama, dan sejenisnya.

 

6. Stiker Sandblast

Sandblast memiliki tekstur lebih kasar dan berwarna buram. Pada umumnya digunakan untuk kaca supaya ruangan terli8hat lebih artistik dan privasi. Dalam pemakaiannya bisa diganti kapan saja tanpa meninggalkan kerusakan pada kaca. Jenis bahan stiker ini sering digunakan di gedung, perkantoran, klinik, kafe, restoran, dan bank.

Share this Story
Load More Related Articles
Load More By Jeffrey Ansen
Load More In Percetakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tips Membuat Desain Stiker Label untuk Pemula

Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis. Mulai dari ...